Aroma Terapi Untuk Ibu Hamil

Aroma terapi untuk ibu hamil – Kehamilan adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup, seorang wanita. Namun ada beberapa fase tertentu, yang membuat tubuh jadi merasa tidak nyaman, seperti ketika sedang mengalami morning sickness, nyeri pada bagian punggung dan hal lainnya. Untuk meredakan hal-hal seperti ini, sebenarnya tidak sulit, salah satu caranya adalah dengan menghirup aroma terapi. Aroma yang keluar, mampu memberikan rasa tenang, pada diri seorang wanita yang sedang hamil.

Manfaat aromaterapi untuk ibu hamil

Tidak hanya mampu membuat tubuh ibu jadi lebih relaks. Aroma terapi untuk ibu hamil ini juga mempunyai beberpa manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aroma terapi tersebut :

  1. Membantu meningkatkan mood

Kehamilan menyebabkan struktur hormonal pada seorang ibu mengalami beberapa perubahan. Hal ini yang secara tidak langsung akan berimbas pada emosi dan suasana hati. Aroma terapi sedikit banyak memberikan rasa tenang dan membantu menjaga mood seorang ibu.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Beberapa jenis minyak essential tertentu, selain mempunyai aroma yang nyaman, juga mampu membantu melancarkan sirkulasi darah para ibu. Minyak yang dimaksud adalah minyak jahe, kayu putih, atau juga minyak lada hitam. Anda dapat mengoleskan minyak tersebut pada bagian betis atau bagian lainnya untuk kemudian diurut.

  1. Membantu proses persalinan

Penggunaan minyak essential tertentu juga dapat mempermudah persalinan. Terutama minyak essential yang mengandung aroma melati, geranium, lavender, dll. Aroma yang dihasilkan, memberikan kesan menenangkan, menurunkan tekakan darah, membantu melancarkan pernafasan, dan juga mampu mempertahankan kekuatan rahim pada saat melahirkan.

Baca Juga :

  1. Mengurangi resiko strechmark

Kemunculan strechmark pada seorang ibu hamil, walau hal ini dianggap wajar, namun cukup menggangu penampilan. Untuk mengatasi dan mengurangi masalah seperti ini, Anda dapat menggunakan aroma terapi untuk ibu hamil tertentu, seperti jeruk dan wortel. Oleskan saja minyak tersebut, ke bagian paha atau sekitar perut. Selain memberikan aroma yang menenangkan, juga mampu mengatasi masalah strechemark.

  1. Menjadi pewangi alami di dalam ruangan

Aroma terapi untuk ibu hamil, juga dapat digunakan sebagai pewangi ruangan alami. Aroma yang diberikan mampu memberikan ketenangan, pada ruangan itu sendiri. Ini yang secara tidak langsung membuat Anda jadi lebih tenang dan lebih nyaman.

 Aneka aroma terapi yang pas utuk ibu hamil

Seperti yang telah dijelaskan selintas di atas, aroma terapi untuk ibu hamil ini, tentunya tidak boleh sembarangan. Berikut ini, adalah beberapa jenis aroma terapi yang dapat Anda gunakan ketika sedang hamil :

  1. Lavender

Aroma terapi untuk ibu hamil pertama adalah lavender. Selain memberikan aroma yang menenangkan pikiran, relaks, aroma minyak ini, juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk yang datang. Tidak hanya itu, aroma terapi ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan beberapa rasa sakit, seperti sakit kepala, sakit punggung, dll.

  1. Lemon

Aroma yang kedua adalah lemon. Aroma yang satu ini, cenderung menghangatkan, relaks, dan mampu memberikan ketenangan pada pikiran. Manfaat lainnya adalah berguna untuk inhalansia, terutama dalam melawan gejala morning sickness.

  1. Rosewood

Adapun minyak essential berikutnya yang dapat Anda gunakan sebagai aroma terapi untuk ibu hamil adalah rosewood. Aromanya mampu memberikan ketenangan, dan membantu mengatasi rasa gelisah, dan juga kurang tidur.

  1. Neroli

Aroma terapi yang satu ini, sudah cukup terkenal sejak zaman dahulu. Mampu meringankan berbagai macam penyakit, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi rasa cemas ketika menunggu pesalinan, meringankan depresi, dan insomnia, terutama pada trisemeter ketiga.

  1. Ylang-Ylang

Seperti produk aroma terapi lainnya, produk yang satu ini, juga mampu mengatasi stress, mengembalikan fokus, dan memberikan rasa relaks pada diri Anda.

Sedikit tips ketika Anda menggunakan minyak aroma terapi untuk ibu hamil ini, sebaiknya perhatikan dengan baik produk yang akan digunakan. Baca juga aturan pakai dari produk tersebut. Jangan asal membeli dan menggunakan, karena bisa jadi aroma yang diberikan, secara tidak langsung merusak kesehatan Anda dan sang janin. Anda tentu tidak menginginkan hal seperti ini terjadi.

Call Now
WhatsApp